Persiapan Menghadapi SPMB


Abis baca postingan rei tentang taktik menghadapi SPMB jadi tertarik juga berbagi kisah nyata saya dalam menghadapi SPMB (juga disebabkan bbrp makhluk yg protes krn blog jarang apdet). Berikut ini adalah informasi dasar tentang SPMB

1. Percaya diri dalam menentukan pilihan

Nggak pede karena selalu gagal waktu try out?Β  saya sendiri nggak pernah berhasil dalam try out. Bahkan orang konseling menyarankan saya untuk mengganti pilihan jurusan saya. Siyal, bukannya nyemangatin malah kaya gitu. Mungkin itu cara BK untuk memotivasi siswanya (yang sepertinya nggak gitu maksud dia klo ngeliat cara ngomongnya). Cuek aja dan berharaplah banyak anak lain yang mengganti pilihan jurusannya sehingga kamu bisa jadi satu2nya pendaftar di jurusan tersebut. Pasti keterima kan klo beneran terjadi (satu kata buat kamu yang bener2 berharap begitu : MIMPI!!!).

2. Dapetin poin yg banyak

SPMB menggunakan poin sebagai passing grade dengan jawaban benar +4 ,salah -1, dan kosong +0. Menurut saya hari pertama adalah saat poin2 tersebut diobral sebab materi yg diujikan adalah matematika dasar,bahasa indonesia, dan bahasa inggris (cukup mudah dibandingkan hari kedua). Mengorbankan hari pertama dan mengejar poin di hari kedua adalah tindakan bodoh coz poin sama2 +4 jika benar tapi effort hari kedua jauh lebih besar.

3. Pengorbanan kadang diperlukan

Dengan segitu banyak materi yang diujikan sepertinya berusaha mempelajari semuanya adalah hal yang teramat sangat sulit sekali (kalimat ini adalah salah menurut teori bahasa). Karena itu dulu saya mengorbankan beberapa mata pelajaran yang merupakan kelemahan saya. Biologi dengan sejuta hafalannya cuma saya baca2 dikit dan berharap cache memory saya bekerja dengan optimal (buang2 waktu rasanya ngapalin segitu banyak tapi cuma keluar 2 nomer per bab).

4. Yang lalu biarlah berlalu

apa maksudnya? banyak saya jumpai orang2 yang masih berkutat dengan soal2 setelah hari pertama usai demi mengetahui berapa poin yang dia dapat hari itu. Sadarlah nak, masih ada hari kedua. jangan buang2 waktu buka kamus inggris atau mencari tau apa puisi di soal nomer 69 itu karangan chairil anwar ato shakespere (contoh kebodohan publik klo dua orang ini sampe ketuker). Lakukan semua itu setelah hari kedua selesai

5. Faktor X

salah satu contohnya adalah keberuntungan dan keberanian. Percaya nggak klo waktu SPMB dulu hari pertama saya isi semua dan hari kedua cuman ngosongin 4 nomer? Saya nggak sejenius itu sebenarnya, cuma mengambil resiko dapet -1 demi +4 untuk beberapa soal dengan mengandalkan feeling (iseng2 berhadiah gitu deh). Cara bodoh ini akan saya bahas di postingan yang lain klo ada waktu πŸ˜€

Buat pembaca blog ini yang sedang bersiap2 menghadapi ujian atau SPMB. Percayalah kalian semua adalah orang jenius. Setidaknya itu menurut Test di bawah ini (hasilnya nggak terpercaya deh, cuma ngeliat nama doang dia. nggak liat content blognya :D). Buat yang punya blog, coba aja gimana hasil tes reading levelnya :p

blog readability test

nb : buat yang rikues laporan kuliner ama jalan2 ntar gw kirim poto2nya via imel langsung aja ya. Udah basi di draft sih, ga layak posting lagi :p

19 thoughts on “Persiapan Menghadapi SPMB

  1. setuju point 3, gw dulu ngorbanin fisika, cuma isi 2 nomer wkwkwkwk
    tapi tidak disarankan memakai point 5 untuk mata pelajaran yg dikorbankan di point 3

    btw, gw dl ga ikutan spmb ^_^

    Suka

  2. @rei : nggak kok rei, kamu bisa jadi satu2nya pendaftar di jurusan sastra prasejarah kuno, bisa ngambil spesialisasi bahasa hulawala juga untuk S2

    @mimi : doh, baru nongol dah dikasih peer.

    @sentinel : oh ada ya? ah biar ada juga kayanya gw ga bakal ndengerin hehehe

    @jiyo : coba lagi dgn menggunakan trik2 di atas hehehe, klo kurang jelas bisa ditanyakan disini. tar diapdet trik2nya

    @domocha : percaya, domo-chan ikutnya UMPTN kan hehehe. Nggak disarankan juga mengorbankan matematika dasar (banyak bok)

    @eru : banyak yg ngatain gw gila waktu itu hehehehe

    Suka

  3. aih aiihhh………

    masuk ITS ? ga mungkin πŸ™„
    tapi tetep optimis reeeeeeeekkk

    masuk STIKOMP ? seru tapi bondhone akeh πŸ™„

    masuk jurusan sastra ? ga boleh ma ortu

    Suka

  4. weks… πŸ˜† ga usah terlalu dipikirin keknya mah… jd malah ga stress… otak tenang… jadi apa yg tadinya udah terekam otak ketika diklik bs lgs loading kekeke…

    btw… mengundangmu untuk ikutan gunting pita di dunia barukuh… ^^

    Suka

  5. Dear Tamachaaan kalo mau bales komen bedakan Rei。 ama Reinalunarune.
    Namaku pasaran πŸ˜†

    Jadi kudu tetep optimis tamachan.
    Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia tamachan

    Suka

Tinggalkan Balasan

