Analisa harga tiket bersama tukang poto keliling :|


Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berdiskusi sama tukang poto keliling yang mengeluhkan mahalnya harga tiket pesawat. Hanya untuk berlibur selama 3 hari saja dibutuhkan sekitar 500 ribu rupiah, sungguh merupakan biaya yang tidak sedikit bagi seorang tukang poto keliling yang mugnya sering ilang itu.

Karena itu dilakukan sebuah analisa kecil2an apakah harga tiket 500rb itu benar2 mahal., berikut ini pertimbangan2 yg digunakan

– free bagage di pesawat 20 kg, dan tiap 10 kg lebihnya dikenakan tambahan biaya 100rb.  Berat tukang poto keliling sekitar 60 kg, brarti charge tambahannya 400rb.

– di pesawatnya disediakan LCD buat nonton pilem, diasumsikan sama kaya tiket nonton hemat di studio 21 sebesar 20rb.

– dalam perjalanan dapet makan juga, anggap saja harganya sama kaya depot2 normal sebesar 20rb juga.

– tentu saja di dalam pesawat pake AC, dan layaknya losmen2 atau sarana transportasi berAC lain yg lebih mahal. anggap saja tambahan biaya dengan adanya AC sebesar 10rb. Cukup murah dibandingkan tanpa AC dengan jendela pesawat terbuka, beresiko terlempar keluar di tengah perjalanan karena tekanan udara 😐

Sejauh ini total biayanya sudah 450 rb rupiah, beda 50rb dari harga tiket sebenarnya. Cukup layak juga melihat beberapa fakta ini

– ga perlu packing kayu, cukup duduk manis di kursi tanpa perlu berdesak2an dalam perjalanan seperti layaknya bagasi.

– anda dilayani oleh mbak2 pramugari yg manis (setidaknya nggak jelek2 amat lah), bukannya dilempar ke dalam pesawat sama mas2 yg ngurusin bagasi.

– keluar pesawat gak perlu dijamah2 orang tak dikenal seperti layaknya bagasi. well bisa jadi dijamah2 sopir taksi yang desperate cari penumpang sih, tapi setidaknya anda tidak digeledah dan ditahan di imigrasi karena mengandung cairan lebih dari 100 ml kan?

Wacana singkat tersebut telah membuka mata si tukang poto keliling dan menyadarkannya bahwa harga tiket segitu tidak terlalu mahal (setidaknya masih lebih murah, cepat, dan nyaman dari ngirim diri sendiri sebagai paket lewat TIKI). Bagaimana dengan anda?

nb : hari ini dapet berita nasib Mandala, maskapai yg sering dilirik karena tiket curahnya. Semoga bisa berburu tiket curah lagi 😀

14 thoughts on “Analisa harga tiket bersama tukang poto keliling :|

  1. itu, harga 500 ribu, untuk sekali pergi kan?
    tapi, seperti yang kita ketahui, perjalanan dengan angkutan udara antar pulau di indonesia lebih mahal dari ke negri tetannga.

    Yaaa, tapi setidaknya untuk saat ini naik pesawat kan lebih cepet nyampainya dari angkutan lain. kecuali alat teleportasi sudah ditemukan. 🙂

  2. @arm : kirim duitnya aja ntar ak maketin diri sendiri 😀

    @dnial : analisa serius gini malah diketawain, nggak sopan ck ck ck

    @shinra : tentu saja masuk akal, penelitian yang dipikirkan dari berbagai aspek secara mendalam ini (halah)

    @yoan : kan dah dibilang bulan madunya jalan kaki aja ke Bali biar lebih romantis, tar makan sama nginep disini ak yg nanggung *nyiapin alas koran*

    @lukisanlangit : terpikat sama suara merduku mungkin *pentung*

    @jhoni : tentu saja mantab,bisa dipake buat topik tugas akhir yg ga kalah sama studi banding DPR ini 😐

    @akiko : tentu saja sekali pergi, soal cepetnya sih relatif. untuk rute2 tertentu lebih cepet pake helikopter lho :perbandinganbodoh:

  3. @Petz : udah pernah ah membahas tiket murah, cek post2 lama ya 😀 *kasih tugas balik*

    @tukangpoto : nyesek pas ngeluarin dompet? saatnya beli celana baru kayanya mas 😐

    @susi : masuk akal tapi kan (ngasal)

    @andyan : pake kardus aja, kalo pake koper perlu dipotong jadi 17 bagian dulu, merepotkan *sadis*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s