Tips Jalan2


karena si Petz begitu bawel minta tips n trik hunting tiket curah serta wishlish nona Shinra yg mengidamkan jalan-jalan, maka di episode kali ini marilah kita membahas tentang jalan2 :D.

Jalan-jalan, merupakan aktivitas yg dilakukan untuk mengurangi kadar stress, menghilangkan kebosanan, melihat hal baru, atau bisa jadi dilakukan tanpa sadar (jalan sambil ngelamun dan tau2 udah berada di timbuktu misalnya). Bisa dilakukan secara terencana ataupun secara spontan (seperti contoh ke timbuktu sebelumnya itu). Tujuannya pun bisa deket2 macam ngecengin bule Jepang berbikini di pantai misalnya atau sekalian jauh2 ke luar negeri macam … (yg berpikiran ngisi titik2 tersebut dengan timbuktu, ngacung hayo). dan terakhir bisa diexecute sendiri ataupun rame2 (ngelamun bareng sampe timbuktu kayanya nyaris mustahil, but hey who knows).

Karena postingan ini ditujukan pada 2 makhluk yg telah disebutkan di atas, makan topik bahasan akan dikhususkan ke jalan2 dengan tiket curah. Hal2 yg harus diperhatikan disini adalah

1. Waktu keberangkatan

Dalam acara jalan2 biasa, pada umumnya hari cantik ditetapkan terlebih dahulu baru setelah itu hunting tiket dilakukan. Sayangnya untuk tiket curah, hal ini tidak bisa dilakukan. Hunting tiket dilakukan di awal, setelah ketemu baru dicek apa tanggal tersebut memungkinkan untuk jalan (bisa jadi tanggal segitu waktunya kucing kesayangan melahirkan).

Hal ini tidak begitu mudah dipraktekan karena tiket curah biasanya dijual jauh2 hari sebelum keberangkatan. Mau mudik pas natal, hunting tiketnya mulai september jadi harus berani ambil resiko aja toh kalo batal ruginya juga ga gede2 amat hehe.

2. Booking dengan cepat

Di jaman sekarang dimana semua orang sudah melek internet, bahkan tukang bakso aja bisa jualan secara online, persaingan booking tiket online semakin ketat. Jika udah nemu tiket curah di tanggal cantik, jangan mikir terlalu lama untuk booking (apalagi minta wangsit dulu sama mbah dukun), segeralah booking sebelum diambil orang lain. Ingat, time is waktu!!. Temen gw pernah merasakan dapet tiket curah di tanggal cantik, dan beberapa menit kemudian refresh page udah abis tuh tiket.

3. Rute Alternatif

Nggak dapet tiket curah ke tujuan yg dicari? jangan patah semangat, cobalah rute alternatif karena temen gw yg atlit profesional aja rela cari rute alternatif transit ke Malaysia dulu buat ke Padang karena tiket langsung jauh lebih mahal. Gw juga pernah schedule rencana liburan dengan rute DPS – KL -SGP- JKT – JOG padahal rencana liburan cuma seminggu hanya karena harga tiketnya Rp 0 semua hehe (tapi batal karena ga dapet tiket balik dari jogja ke balinya :p)

Tanggal cantik sudah ditetapkan, tiket curahpun tersedia. Masalah berikutnya ada cari companion. Nggak wajib sih tapi biasanya jalan2 lebih seru kalo rame2, terutama untuk ke tempat2 yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Nyasar bareng tidak terlihat begitu menyedihkan :D. Cari temen buat diajak jalan2 itu memang gampang2 susah lho, tapi disini juga akan dibahas hal2 penting mengenai itu

1. Personality Check

Nggak cuma dilakukan pas recruitmen dong ini tapi juga berlaku buat nyari temen jalan. Ngajak temen yg takut ketinggian main bungee jumping ke grand canyon ato temen yg ga punya passport buat jalan2 ke luar negeri dalam waktu dekat sama susahnya seperti ngajak cowo kamu buat facial bareng di salon. Tidak ada solusi pasti selain cara paksa, getok iket trus masukin bagasi adalah cara paling hardcore namun efektif disini (dont try this at home)

2. Menilai respon

Jawaban ‘liat ntar aja deh’, ‘kalo bisa ak ikutan’, ‘liat sapa aja yg ikut ntar’Β  kemungkinan besar berakhir dgn batal tanpa alasan kuat. Ajakan jalan ato sekedar jogging di pagi hari bisa batal dengan alasan ‘dingin’, ‘semalem abis begadang’ atau sekedar ‘si guling tampak begitu seksi tadi pagi’ :|. Solusi untuk hal ini adalah ajakan harus punya daya tarik kuat seperti ngajakin nonton mud wrestling model FHM, berharap yg diajak moodnya lagi pengen jalan, ato satronin, gedor, dan dobrak kamarnya sampe dia ga punya alasan buat ga ikut (lagi2 kembali ke strategi getok-iket-culik)

3. Ajakin orang2 deket

paling sering digunakan buat ngajak jalan cewe dalam rangka pedekate. pertanyaan ‘sapa aja yg ikut’ kemungkinan besar keluar dan chance ajakan jalan2 itu diterima akan makin besar jika temen2 deket ybs (bukan kebalikan nama presiden kita) ikutan juga. Hindari jawaban ‘si A mungkin ikut’, ‘si B katanya mau’, atau ‘si C kayanya bakal datang deh’ walaupun orang2 tersebut memang ga pasti datang, berikan jawaban positif yg meyakinkan. Jika hari H pesertanya cuma kalian berdua karena si A tiba2 sakit perut, si B pusing berat, dan si C muntah brarti kalian memang ditakdirkan pergi berdua (atau kamu meracuni A,B, dan C. ngaku aja deh). kembali ke strategi awal jika si doi memutuskan ga jadi berangkat dan pulang.

Jadi kesimpulannya

– cari tiket curah itu butuh effort. Cepat + MurahΒ  + Mudah= Mimpi!!!
– cara pasti dapet temen buat jalan bareng : getok, iket, seret!!

ada yg mau nambahin?

Iklan

19 thoughts on “Tips Jalan2

  1. Jadi kapan Tama sama Shinra ke Padang? Mampir Malaysia dulu beliin saya tom yam yes? Janji deh ga ganggu honeymoon kalian, asal plus coklat mahal juga.
    *jenis respon nyebelin-ngerepotin*
    πŸ˜†

    Suka

  2. nggak dapet temen jalan, berakibat bergabungnya saya ke “study banding” trip and tour. ><
    bakal nggak bebas, tapi setidaknya jalan-jalannya dapet deh. πŸ˜›

    Hei, karena berhubung ndak ada yang menebak dengan benar "jawaban sms" tersebut, kenapa ndak dikasih tau aja Tam….

    Suka

  3. Bagian hunting tiket ini sering kami (baca: saia dan teman2) lakukan.. cuma eksekusinya yang gak pernah jadi…. masih kebentur soal waktu keberangkatan… 😦
    yang paling enak emang…hunting tiket curah.. kemudian dapat tanggal cantik.. plus sudah punya kawan bepergian.. he.. he.. :
    d

    Suka

  4. @bude kuma : iya dong, tetep merakyat dia

    @om yoand : udah nggak ada hubungan apa2 kok, suwer

    @shinra : mana bisa kutatap senja jika ada mata ini tak bisa berpaling darimu #eaaaa

    @tako : gpp gangguin aja, kita bulan madu bertiga trus dilanjut bulan coklat sama bulan tomyam

    @asop : terima dan praktekan dong biar jadi ahli πŸ˜€

    @wibisono : pengen touring? segera laksanakan jangan cuma pengen mulu

    @akiko : ah nice tips, study banding sebagai alternatif jalan2 hemat, ga perlu repot cari tiket, jadwal, ato temen karena semua udah siap. tinggal ngikut πŸ˜€

    @putri : masalah utama tiket curah ya hehe, semoga sukses dapet tiket curah di tanggal cantik πŸ˜€

    Suka

  5. hmm.. pertama, sedih karena hunting tiket murah lebih susah daripada hunting M*gnum Choco Truffle 😦
    kedua, ini postingan all bout Rise.. bener ga ya? udah.. kopdar aja langsung di timbuktu :mrgreen: #apaanseh

    Suka

  6. @3snaninc : sepertinya begitu,minggu kmrn liat 10 bis jalan berjajar kaya lokomotif

    @carra : coba cari di gugel. yg pasti nama itu melekat berkat paman gober :p

    @petz : ga usah cemburu ama Rise, dirimu sama sekali ga masuk radarku. semisal jadi maho pun eke ga sembarangan pilih cowo kaya yey (eh)

    @warm : menggugah selera? si om doyan nyemil tiket?

    Suka

  7. eh tapi tergantung tujuan jalan-jalannya juga sih ya mo mengeksplor diri sendiri atau tempat tujuan, apa cuma numpang moto doang gituh sih ya – just my personal opinion sih

    ‘feels so good when you can do the hetrix style again’ ‘jingkrakjingkrak’

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s