Hal yang bikin CV dibakar


Denger2 sih UMP (Upah Minimum Provinsi) di Jakarta bakal naik mayan banyak gitu sampe2 Alfamart katanya cuma mau rekrut pegawai baru minimal Sarjana S1 daripada bayar mahal buat lulusan SD. Momen yang pas kan buat para Fresh Grad yang lagi cari kerja, tinggal bikin CV yang bagus trus kirim lamaran deh. Wah gampang banget nih kayanya ya? Eit nggak juga lho, dari pengalaman gw nyeleksi CV beberapa hari ini, ternyata masih banyak lulusan (dan mahasiswa/i) yang perlu belajar cara bikin CV yang baik dan benar. Apa aja masalahnya?

Isi Biodata doang

Iya, salah satu isi CV memang biodata umum. Tapi nggak berarti isinya cuma biodata doang kan? ingat, ini CV buat ngelamar kerja, bukan form buat bikin KTP. Kasih lah informasi yang berguna buat seleksi applicant, pengalaman kerja, ketrampilan, atau kalo gak punya itu semua ya minimal lulusan mana taun berapa gitu (kuliah dimana semester berapa buat yg belum lulus).

Foto dan Font yang ….. euh

Foto itu menurut gw optional namun jika kalian merasa berpenampilan menarik bisa jadi nilai tambah. Fakta membuktikan cewe berpenampilan menarik (apalagi statusnya single epelebel) dengan kemampuan pas2an (bukan yang idiot lho ya, apalagi ngileran) masih ada chance diterima dengan asumsi skill itu bisa diasah dengan belajar sambil kerja di kantor (dan cewe cakep kaya gini biasanya banyak serigala2 kelaparan yg mau ngajarin). Tapi…… mbok pasang potonya yg profesional dikit, jangan yang shoot dari atas di pojokan sambil duckface, apalagi pake diedit tambahin glitter2 dan icon hati (seriusan, ada yg kaya gini).

Jangan tiru ini di lamaran kamu

Jangan tiru ini di lamaran kamu

Mengenai Font sih, gw ngerti mungkin ada yang merasa berjiwa seni dan suka sama Font2 unik ala ukiran batik jogja. Tapi beneran deh, yang kaya gitu itu susah dibaca lho, apalagi kalo pake warna aneh2 (buat pecinta pink dan hijau muda,gw nggak bilang itu warna aneh lho).

Ketrampilan dan achivement yang nggak relevan

Oke, memang di poin 1 tadi gw bilang masukin ketrampilan kamu di CV, tapi harus yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar juga tentunya. Kan nggak guna juga kamu banggain bisa makan mi lewat hidung di CV (kecuali ini ngelamar kerja di freak show misalnya). Untuk achievement sih, mungkin memang itu sesuatu yang membanggakan dan kamu rasa perlu diketahui interviewer nantinya (khususnya para mawapres, ketua osis, dll dsb). Yah walaupun sebenarnya sah2 aja, tapi kalo gw lagi cari programmer sih, gw gak butuh tau kalo kamu dulu Juara 1 baca puisi tingkat kecamatan (tingkat dunia juga ga jadi nilai tambah kok :|). Sounds harsh? welcome to the world 😀

Daftar kursus yang pernah diikuti (terutama yang nggak penting) juga nggak perlu ditulis sih benernya. Gw akui memang gw bakal kagum kalo baca CV dengan list ability bisa main gitar, piano, biola, pernah kursus balet, modelling, dan mengetik 10 jari (oke yg terakhir itu gw nggak kagum), tapi ya abis gitu sih meh, sayang sekali gw nggak lagi cari personil band.

Pengalaman Kerja

Jangan salah, mencantumkan pengalaman kerja adalah sesuatu yang penting menurut saya, tapi kalo kerjanya cuma sebulan dua bulan trus pindah (dan sering kaya gini) mendingan ga usah dicantumin sekalian deh. Ya gw tau, pasti ada alasannya juga pindah2 gitu, entah dicambuk majikan, perusahaan bangkrut (klo setiap kantor yang kamu masukin bangkrut setelah sebulan, gw saranin mandi kembang dulu deh), atau apapun itu, tapi di mata calon employer yang baca CV sih pindah2 tiap bulan kesannya nggak serius gitu, takutnya kalo diterima ntar cape2 ngetraining sebulan trus pindah :p.

Gimana, udah jelas sekarang apa yang harus ada dan jangan ada di CV kamu ntar? klo udah buruan bikin trus kirim ke Alfamart terdekat gih sebelum kiamat :D.Ada applicant yang nggak setuju dengan poin2 di atas? atau malah ada yg pengen nambahin?tulis aja di comment, tar klo menarik gw update di postingan. *lanjut seleksi CV lagi*

13 thoughts on “Hal yang bikin CV dibakar

  1. *Numpang respond komen ya Tama*

    :: Petz

    Belum… di pelajarang bahasa, baik yang Indonesia dan Inggris, masih ada materi Surat Lamaran pekerjaan dan CV.

    Kalau pertanyaannya kenapa masih ada yang nggak sesuai dengan standard, ya pasti banyak faktor juga sih..

Tinggalkan Balasan

