Facebook Hacker Cup


Buat yang nggak tau, Facebook Hacker Cup adalah acara tahunan yang diadakan oleh Facebook. Walaupun namanya pake embel2 hacker, tapi kontes ini sama sekali nggak ada hubungannya sama hacking, lebih mirip lomba logic competition yang biasa diselenggarakan oleh universitas2 dan diikuti anak SMA itu, cuma ini disertai dengan bikin code segala. Dan taun ini gw kembali berpartisipasi dengan harapan setidaknya bisa dapet hadiah hiburan kaos (target yg masih realistis kalo ngeliat track record para finalis dari taun2 sebelumnya). Selama ini sih perjalanan gw paling mentok di round perebutan kaos dimana hanya top 100 yang dapet kaos dan bisa lolos ke babak berikutnya, dan bisa dilihat pada gambar di bawah, qualification round aja gw peringkat 1479 jadi jalan menuju kaos itu masih panjang dan hadiah utama $10.000 itu hanya mungkin bisa gw dapet kalo semua peserta lain menghilang secara misterius :hammer: (itu juga klo gw bisa jawab soalnya hahaha)

HC

Di babak kualifikasi ini kita dikasih 3 soal dan kita bisa lolos ke babak berikutnya jika bisa menjawab minimal 1 dari 3 soal tersebut. Hanya 1 kesempatan yang diberikan untuk menjawab sebuah soal. Jika kita merasa cukup pede untuk mencoba sebuah soal, kita bisa mendownload file soalnya dan akan diberikan waktu 6 menit untuk mengupload jawabannya πŸ˜€

Buat yang penasaran sama soal Qualification Round tahun ini (non programmer disarankan stop disini daripada ntar ketiduran)

1. Beautiful String

Dijelaskan disini bahwa setiap huruf mempunyai nilai kecantikan dimana nilai kecantikan ini pasti berbeda untuk semua huruf. Huruf besar dan huruf kecil dianggap sama, jadi jika nilai kecantikan a=15 maka A=15. Tugas kita adalah mencari nilai kecantikan maksimum dari sebuah kalimat yang diberikan. Contoh jika diberikan kalimat “Ada apa”, maka nilai maksimum kecantikannya adalah (4*26) + (1*25) + (1*24) karena ada 4 huruf A, huruf D dan P masing2 1 huruf.

Soal paling gampang diantara semua soal yang lain padahal awalnya sempet males ngerjain ini karena butuh ngitung2 :p

2. Balanced Smileys

Sebuah kalimat dianggap balanced jika kurung buka dan kurung tutup yang mengapit sebuah kalimat itu cocok, jadi (halo) itu valid sementara ((halo atau )halo( jelas nggak valid. Namun yang namanya kalimat itu bisa juga mengandung smiley happy face πŸ™‚ dan smiley frowny face :(, karakter titik dua : juga merupakan sebuah bagian dari kalimat yang valid. Jadi (:hammer:) itu valid, (:) juga valid karena dianggap sebagai titik dua yang berada di dalam kurung, (:)) juga valid karena dianggap sebagai smiley di dalam kurung, tapi :)) itu nggak valid karena dianggap sebagai smiley diikuti kurung tutup tanpa pasangan kurung buka. Tugas kita disini adalah menentukan kalimat yang diberikan itu valid atau tidak.

Soal pertama yang gw kerjakan karena nggak ada itung2annya dan gw anggap paling gampang. Ironisnya, jawaban gw di soal ini adalah satu2nya jawaban gw yang salah di babak ini (malu aku malu pada semut merah). Ternyata ngecek kalimat itu susah :p

3. Find The Min

Agak susah dijelaskan dengan bahasa manusia. Intinya kita diberikan 2 buah angka i dan n, dan kumpulan bilangan sejumlah i. Bilangan selanjutnya adalah angka positif terkecil (0 termasuk angka positif) yang nggak ada di i bilangan pertama. Tugas kita adalah mencari angka ke n di kumpulan bilangan itu berapa. contohnya i=3, n=7, dan 3 bilangan pertama itu [21,0,7]. Angka ke 4 di bilangan itu adalah 1 (nggak ada di 21,0,7) diikuti oleh 2(nggak ada di 0,7,1) diikuti 0 (nggak ada di 7,1,2). maka kita akan mendapatkan list angka [21,0,7,1,2,0,3] dan voila, kita dapet jawabannya bahwa bilangan ke 7 adalah 3 πŸ˜€

Soal paling susah dalam sejarah facebook hacker cup qualification round menurut gw. Nyari next numbernya aja udah bikin males, ditambah lagi fakta bahwa nilai i bisa mencapai 10 pangkat 5, dan nilai n bisa mencapai 10 pangkat 9 >_<. Code awal yg gw bikin di hari pertama cukup memuaskan waktu gw coba masukin i=9000 walaupun gw nggak ngecek jawabannya bener apa nggak (ngitung 10 aja udah males apalagi 9000) tapi gw keder duluan waktu baca nilainya bisa mencapai 10 pangkat 5 (dan dari pengalaman gw di tahun2 sebelumnya kalo facebook bilang segitu maka bakal beneran dicoba segitu). Dan waktu gw coba masukin i=10^5 dan n=10^9, setengah jam berlalu dan jawaban tak kunjung keluar yang akhirnya bikin gw mutung dan beralih ke game online :|. Untungnya di hari ke 3 gw dapet pencerahan dari seorang pakar statistik dan bisa menjawab soal terkutuk ini setelah 65 jam berlalu. Jujur aja sampe sekarang gw masih ga ngerti sama rumusnya, yg pasti joss deh :))

Doakan gw bisa dapet kaos ya taun ini, klo by some miracle sampe dapet hadiah utama ntar semua yg komen disini gw traktir makan sepuasnya wkwk

10 thoughts on “Facebook Hacker Cup

Tinggalkan Balasan

