Hari Kesaktian Pancasila


Hari ini, 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila. Saya tidak tahu dan tidak pernah tahu apa yang sebenarnya diperingati di hari kesaktian pancasila itu karena ini adalah salah satu ingatan permanen buah dari cuci otak masa SD dimana saya terpaksa menghafal hari2 penting, butir2 pancasila, dan deretan nama2 menteri. Hingga saat ini pun saya masih mengenal Ali Alatas sebagai menlu dan Marie muhammad sebagai menteri keuangan, dan hanya tau nama presiden dan wakilnya untuk periode saat ini (maap ya pak menteri yang bertugas sekarang, saya nggak tau wajah dan nama2 kalian :p). Semoga anak SD jaman sekarang tidak bernasib sama seperti saya dan dipaksa menghafal hal2 seperti ini dan mengakibatkan brain damage permanen :p.

Yang memorable dari hari kesaktian pancasila ini adalah malam sebelum tanggal 1 ini yaitu tanggal 30 September dimana TVRI menyiarkan film G30S PKI dan anak sekolahan disuruh nonton dari tahun ke tahun. Sayang sekali dari dulu saya nggak pernah sukses nonton sampai habis karena udah keburu ngantuk duluan, sekarang malah penasaran pengen nonton secara lengkap :p. Kisah ini hingga sekarang masih menjadi perdebatan, dan hal2 yang terkait dengannya sepertinya sudah dihapuskan dari kurikulum pendidikan. Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu peduli tentang kebenaran dari kisah ini karena buat saya, sejarah itu ditulis oleh yang menang :D.  Jadi mungkin saja di kurikulum SD Timor Leste buku sejarahnya menceritakan bagaimana Indonesia menjajah Timor-timor selama sekian tahun :p. Jika saja Belanda atau Jepang dulu menang dan berhasil menguasai Indonesia, maka mungkin kisah Indonesia tidak akan beda jauh dengan Amerika dimana dunia akan mengenal Indonesia sebagai “Kepulauan yang ditemukan oleh pelaut Belanda dalam upayanya mencari benua baru” dan orang Indonesia akan lebih dikenal sebagai Native Dutchman :p

nyari donlotan video G30S dulu ah

2 thoughts on “Hari Kesaktian Pancasila

    • boro2 nangis, nangkep ceritanya aja kaga.
      nonton beberapa detik liat orang nyamperin rumah, merem puluhan menit.
      kebangun nonton beberapa detik lagi liat orang baris, merem lagi.
      dan pas kebangun lagi udah pagi XD

      Suka

Tinggalkan Balasan

