SMS gak penting


SMS merupakan salah satu pertimbangan utama saya dulu waktu membeli handphone. Kemajuan teknologi dan hadirnya media komunikasi pengganti sms seperti whatsapp atau messenger lain saat ini menggeser popularitas sms dalam kehidupan saya sehingga bisa dipastikan jika ada sms masuk, itu pasti iklan dari operator atau SPAM :p

sms ga penting macam ini memang bukan hal baru sih, saya mengkategorikan sms ga penting menjadi beberapa kategori

1. small talk

di kategori ini, kita kenal sendernya tapi isi smsnya sendiri biasanya nggak gitu penting seperti “Selamat pagi”, “lagi ngapain?”, “udah makan?” atau hal2 sepele lainnya. Tujuan sms ini bisa bermacam2 seperti
– kalimat pembuka : seperti “Udah makan?” disusul dengan “gua belum nih, lagi bokek. utangin 50rb dong”
– perhatian : sms yang dilematis karena hal sederhana seperti “Udah makan?” ini bisa berkelanjutan tanpa akhir sampe pulsa anda abis (jawab udah dilanjut “Makan apa?”, jawab belum dilanjut “napa kok blm?”) dan kalo nggak dibales bisa memicu pertempuran berdarah 😐
– bosen aja : murni ga ada tujuan apa2,bisa jadi cuma buat buang2 bonus 100 sms aja. “Udah makan?” disini mau dijawab apapun paling balesannya “ooo” ato kalo si pengirim udah nggak bosen lagi bisa jadi ga dibales :p
– salah kirim : merasa berbunga2 karena tiba2 sang gadis pujaan tiba2 perhatian sama kamu? ato mungkin doi butuh temen makan bareng? bisa jadi itu salah kirim, tunggu aja beberapa menit jika ada sms susulan “eh ini Dirman ya, sori kepencet, niatnya mau ngirim ke Diego” brarti itu salah kirim

2. sms misteri

benernya nggak beda sama kategori pertama sih isinya, bedanya cuma kamu nggak tau siapa pengirimnya. bisa jadi salah kirim, ada temen iseng, atau stalker potensial :p. Kalo penasaran dan pengen dapet kenalan baru, bisa ditanggepin (dan berharap ini bukan psikopat yang lagi cari korban). Dicuekin juga ga masalah dan biasanya berakhir sampai disini. Tentu saja ada special case dimana pengirim sms misterius ini bener2 niat dan terus ngirim sms walaupun ga direspon, seperti yang terjadi pada saya dulu. Kisah ini baru berakhir ketika saya terpaksa harus ganti nomer :p

3. Pesan Operator

awal2 punya hape dulu kayanya ga pernah dapet yang kaya gini, tapi sekarang tiap bulan pasti ada beberapa sms dari operator. mulai dari “Dapatkan bonus pulsa hanya dengan ……” hingga “dapatkan single terbaru XXX dengan cara…” setelah era “REG xxx” yang kontroversial itu lenyap. Saya sungguh berharap ada cara untuk memblokir sms operator ini secara otomatis, ada yg tau caranya?

4. Penipu

yang paling populer sepertinya adalah sms “Mama minta pulsa” yang legendaris dan memakan cukup banyak korban itu. Dan aneka varian “Anda memenangkan undian xxx, hubungi nomor 08xxxxxxx. pengirim : INDOSAT/TELKOMSEL/Operator lain” yang herannya juga menelan cukup banyak korban walaupun terlihat jelas nomor pengirimnya bukan dari operator. Sekarang sih udah nggak pernah dapet sms2 tipuan macam ini, entah karena sang pelaku udah insyaf, orang2 udah makin pinter sehingga sms macam ini nggak efektif lagi, atau saya beruntung nomor saya tidak masuk list para penipu ini 🙂

5. Iklan
Nggak yakin juga ini tipuan atau beneran, tapi selama ini konteks iklannya cukup mengena lho.
Jaman kuliah smsnya seputar “Terima jasa pengetikan skripsi, hubungi xxx”, waktu di bali isinya “mau jadi agen pulsa? …..” hingga “kredit motor mudah hanya dengan ….”. Namun yang paling unik dan langka adalah sms yang sering saya terima beberapa bulan terakhir ini

JUAL ALAT PENGUSIR TIKUS ELEKTRIK. MURAH, EFEKTIF, DAN BERKUALITAS …..

benar2 advertising fails!!!. Okelah, saya memang tinggal di daerah pegununggan dimana banyak rerumputan tinggi yang merupakan habitat alami dari makhluk ini. Tapi jika saya beruntung menemukan Tikus Elektrik, justru malah pengen nangkep, kok malah diusir. Gotta Catch em All!!!

Tikus Elektrik

Tikus Elektrik,Wild Pikachu appeared!!

kayanya sih para pengiklan ini dapet nomer dari tempat isi pulsa (biasa isi pulsa disuruh nulis nomer kan), makanya iklannya bisa sesuai regional masing2 tempat. Yang tinggal daerah laut dapet iklan apa ya? “Jual alat penangkap paus” gitu? ato ada yang pernah dapet sms unik lain? monggo dishare 😀

14 thoughts on “SMS gak penting

  1. Pernah disangka seseorang yg melupakan si penulis sms, bilang gw tega kok ngelupain dia “ya ampun bang, tega bgt sih ngelupain saya” *sejak kapan gw operasi kelamin* sampe tengah malem jg sms “bang, saya dan keluarga blm makan dr pagi, klo abang memang kejam, ga usah peduli sm kami bang” gangguuuuu bgt, ntah bener dia blm makan apa blm, males bgt, dan berlangsung sampe beberapa hari

    • wah nggak nyangka dirimu setega itu neng
      bolehlah kaulupakan kehidupan lalu yang kelam itu, tapi jangan lupakan mantan istri dong biarpun sekarang udah ganti kelamin (eh)

  2. Jaman masih baru2nya teknologi sms tak berapa lama ngetren soal sms ketik REG misalnya Aura atau shio…kirim ke xxxx
    Pernah kirim, pulsa berkurang 2000,- trus berkurang lagi padahal nggak kirim lagi sms tersebut (hanya sekali kirim). Pulsa 10.000 habis dalam dua hari.

    Sekarang lebih banyak sms iklan, sms yg gak penting..

  3. sering, gak tau siapa marah2 mulu gak jelas
    manggil ane dengan “bu haji” lahh gw nih cowok dan blom haji

    di telepon marah2 bilang nya nipu segala macem
    install sms filter deh akhirnya

      • nge blok nomer bro
        kita masukin nomor yang mau jadi blacklist kita ke aplikasi itu (atau nomor hape yang gak ada di kontak juga biasanya ada pilihannya)

        nanti tiap sms yang dikirim dari nomer itu masuk ke blackbox gak masuk ke inbox

          • kan sesekali biasa liat blackbox nya, klo ada yang ternyata temen bisa dimasukin ke whitelist
            *ane kayak sales yak*

            bingung juga filter sms by content, harus ada keyword nya bro

            klo buat ane sih aplikasi itu aja lumayan membantu

Tinggalkan Balasan

