Kelakuan


Waktu SD kita belajar Pendidikan Moral kan? (dulu namanya PMP, trus jadi PPKN, sekarang entah namanya apa) dan diajari yang namanya perbuatan terpuji dan tercela yang terdengar indah dalam kata2 tapi prakteknya mendekati nol besar dalam dunia nyata :p. Ngapalin nama2 mentri kabinet juga hanyalah metode cuci otak yang menghasilkan brain damage permanen(setidaknya yg terjadi pada saya). Walau ada ajaran2 seperti itu, nyatanya sekarang banyak kelakuan2 brengsek yang sudah dianggap normal (karena banyak dilakukan,terus dilakukan, dan orang2 udah pada pasrah) seperti :

1. Lebih peduli sama barang daripada orang

pernah makan ala prasmanan di tempat umum rame2 dimana mejanya dikasih 4 kursi sementara kalian berlima? umumnya sih pasti tinggal ambil kursi kosong dari meja sebelah biar kalian bisa makan berlima dalam 1 meja kan? normal ini walaupun pasti abis itu kursinya nggak dibalikin dan akhirnya nggak jarang ada meja yang akhirnya ga ada kursinya sama sekali :p.
Gimana kalo makannya cuma berdua dan kalian bawa tas? biasanya sih tasnya ditempatin di kursi kosong yang nggak kepake di meja kalian kan? ini juga masih normal, ntar tasnya kotor kalo ditaruh di bawah.
Nah gimana kalo kondisinya tempat makan itu rame banget dan ada orang celingukan nyari kursi sambil bawa2 piring, trus nanya ke kamu apakah kursi ini (yang ditempati si tas yang duduk manis di sana) dipake, dan kamu bilang IYA DIPAKE (buat tas). masih acceptablekah kelakuan seperti ini?

Pernah terjadi pada saya dan akhirnya saya siram itu tas pake teh manis secara tidak langsung :p

2. Parkir sembarangan

paling banyak terlihat di pasar liar dadakan yang mencaplok trotoar hingga badan jalan, karena pasarnya liar tentu saja nggak ada parkiran resminya dong dan akhirnya orang2 pada parkir aja langsung di samping pasar. ato mau ke ATM tapi ga ada parkiran,ada sih benernya di mall sebelah tapi ke ATM 10 menit doang masa bayar parkir Rp1500, parkir sembarangan ajalah di depan ATM. mungkin itu semua masih kalian anggap normal dan kalian sendiri sering melakukannya. Gimana kalo parkir sembarangannya di depan pintu rumah orang dan yang kalian parkir itu MOBIL ato motor gede dan dikunci setang?

ini tempat parkir kan ya? banyak motor parkir disini sih

ini tempat parkir kan ya? banyak motor parkir disini sih

3. Sirkus Jalanan

Pernah nonton sirkus di karnaval? meriah ya ada badut, binatang2, akrobat, dan atraksi2 seru lainnya. Kalo di jalanan pernah liat nggak? saya sering lihat lho. atraksi 1 sepeda motor yang dinaiki keluarga 5 orang, bapaknya nyetir, anaknya yg gede di tengah, ibunya duduk di belakang sambil gendong bayi, dan ada balita di paling depan. semuanya nggak pake helm padahal akrobat sirkus aja kadang ada yg pake helm biar aman. Dan atraksi yang dilakukan badut (atau binatang) tak berkostum ini bisa kalian saksikan dengan GRATIS di jalanan

helm full face ekstra full

helm full face ekstra full

4. Pengguna Trotoar

Jalanan lagi macet, udah 30 menit lebih kendaraan di depan nggak maju2 saking macetnya dan siang makin terik. Karena kasihan sama para pengendara di belakang kalian yang tentunya pengen cepet2 pulang, akhirnya kamu berinisiatif menerobos kemacetan menggunakan jalur alternatif yang disebut TROTOAR. baru jalan beberapa meter eh perjalanan kamu terhambat karena ada pejalan kaki di trotoar itu yang jalannya pelan2 sambil ngobrol. Untuk menyadarkan kelakuan pejalan kaki yang nggak consider sama pengendara motor seperti kamu, akhirnya digunakanlah klakson yang memang bertujuan untuk hal2 seperti ini (dan untuk secara ajaib bikin lampu merah langsung ijo dan macet otomatis ilang tentunya). TET TET TEEEEET!!!! “Hoy minggir, gua malu lewat!!!”

kalian yang sependapat sama hal di atas masuk kategori paling brengsek, nggak kalah brengsek sama pelakunya. Mungkin kurikulum PPKN di SD perlu dirombak agar mempelajari common sense, perilaku sosial, dan etika berkendara daripada ngapalin butir2 pancasila yang anggota DPR aja belum tentu hafal.

Ada yang mau nambahin perilaku brengsek yang sudah dianggap normal sekarang?

Iklan

5 thoughts on “Kelakuan

  1. Eh sebagai pengguna setia trotoar, aku sering banget tuh aku lambat-lambatin jalannya kalo ada motor. Sebodo. Hahaha. Blum lagi kalo nyebrang kalo lagi merah aku pelan-pelan juga jalannya plus ngeliatin mobil2 yg lagi diem. Belakangan lagi suka pake payung yg tangkainya panjang jadi kalo nyebrang yg nggak di zebra cross (ya mau di mana lagi emang gak ada zebra cross) sodorin aja itu payung *jahat

    Contoh simple lain, Tam. Ada orang lagi nyapu (orang tua lagi) trus pada lewat nyelonong bae. Ebujug permisi kek -_-

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s