Parpol dan Santunan


Saya bukan pengamat politik, bahkan sebenarnya nggak terlalu peduli dan mengikuti perkembangan dunia politik. Berita politik yang saya tahu hanya bersumber dari facebook atau trending topic yang biasanya begitu saya baca sudah menjadi berita basi sehingga mau komen juga rasanya udah telat banget. Namun baru2 ini ada sebuah berita politik yang menarik perhatian saya, yaitu wacana bahwa partai politik bakal dapat santunan dari APBN sebesar 1 T. Wow, benar2 wow hingga saya tertarik untuk mengetahui lebih detail apa pemikiran2 di balik ide yang sungguh brilian dan inovatif ini, berikut ini beberapa yang saya dapat

1. Dana Parpol sekarang terlalu kecil

menurut pak Agung di sini,dana yang didapat parpol sekarang terlalu kecil dan nggak mencerminkan demokrasi karena yang bisa maju cuma yang didukung pemimpin2 kaya. Dengan adanya dana bantuan 1T ini, akan lebih banyak calon pemimpin baru yang bisa muncul dan nggak tergantung dari ketum kaya doang. Bayangkan aja berapa banyak partai baru yang muncul kalo dana bantuan ini benar2 diberikan, tapi apakah partai baru ini bakal bertahan ataukah ada gunanya? atau cuma muncul sekedar demi mendapatkan cipratan dana bantuan doang? Tau sendiri lah, demi es krim gratis aja berapa banyak orang yang rela desak2an ngerusak taman kota, apalagi demi duit 1T. terus kalo semua dapet dana bakal jadi demokrasi yang adil dan sama rata gitu? bukannya yang punya pimpinan kaya tetep bisa ngasih suntikan dana lebih buat kampanye? belum lagi yang modal stasiun tipi/surat kabar/media online/etc. Partai yang ada sekarang kurang banyak gitu? partai sebanyak ini juga visi misinya mirip2 semua, hampir ga ada bedanya 1 parpol sama parpol yang lain, bahkan yang berbasis agama yang sama aja ada banyak. Padahal waktu belajar sejarah dulu dibilangnya perjuangan banyak yang gagal karena terlalu terpecah2 dan bersifat kedaerahan, baru setelah ada nasionalisme dan Indonesia bisa bersatu barulah jalan menuju kemerdekaan ini terlihat. eh sekarang setelah merdeka balik lagi mecah2 dengan ambisi mendukung pimpinan partainya masing2. Menuju Indonesia makmur? prett, yang penting partai ane makmur gan

2. Ga Masalah, Indonesia itu Kaya kok

sementara menurut Pak Prabowo di sini, hal ini nggak akan membebani APBN karena Indonesia itu kaya, tinggal gimana mengelola kekayaan itu aja. Damn right pak, Indonesia itu negara yang kaya walaupun utangnya sekarang makin menumpuk dan gak tau kapan bisa lunas padahal kita kaya. Bener banget sumber daya kita banyak tapi kita nggak bisa ngelola aja, makanya banyak perusahaan asing yang mengelola hasil tambang dan bahan mentah yang kita punya, ya karena kita nggak bisa mengelola sendiri. Jadi daripada kekayaan yang kita punya ini buat riset teknologi agar kita nggak kalah sama negara lain dan bisa mengelola sumber daya alam yang kita punya, atau mungkin buat mengembangkan transportasi biar distribusi makin lancar dan harga nggak jadi bengkak gara2 transpor ke daerah2 terpencil macam Papua susah, mending kekayaan ini buat dana parpol aja ya pak. Jenius!!! Ya selain itu beliau juga menyinggung tentang demokrasi dan gimana kekuasaan yang ada sekarang itu punya orang berduit, bukan kuasa rakyat. tapi ini sudah saya bahas di poin sebelumnya dimana saya masih nggak ngeh gimana dana ini bisa bikin equal sementara pimpinan parpol kaya tetep bisa ngasih sesuatu yang bikin partainya “lebih”

3. Mengurangi Kecurangan

Saya sebenarnya kurang ngerti maksud pak Anis di sini, bahkan saya nggak bisa mencerna maksud “parpol nggak mampu membiayai saksi”. Biaya saksi kaya gimana sih yang dimaksud, dibayar buat jadi saksi gitu? Jadi parpol yang punya dana lebih saksinya jadi lebih banyak? lha kalo hal yang “disaksikan” sama ya harusnya nggak masalah juga dong ya, ya kecuali jumlah saksi bisa mengubah kenyataan yang ada dimana perolehan suara 50-50 bisa menjadi 80-20 karena saksi berkata demikian? nggak usah capek2 diitung lah kalo gitu suaranya, buang2 waktu dan biaya aja. Ga usah pemilu sekalian, banyak2an saksi aja. Lagian parpol nggak punya saksi berarti nggak ada yg dukung dong ya, Jika di daerah ada yang mendukung parpol tsb harusnya pasti ada saksi. Pendukung tim bola itu rela datang jauh2 ke stadion untuk menyaksikan timnya berlaga, bahkan rela keluar duit beli tiket, dan walaupun jumlah pendukungnya banyak juga ga bisa mengubah gol yang terjadi di lapangan, terbukti dari banyaknya tim yang kalah walaupun menang kandang. Masa Parpol kalah sama bola ck ck ck

4. Menekan potensi angka korupsi

Nggak nemu link pernyataan lengkapnya, tapi di sini Mendagri mendukung dengan alasan menekan potensi korupsi. Wow, benar2 pemikiran yang luar biasa, kenapa dari dulu saya nggak berpikir sampai sana ya. Bagaimana koruptor2 selama ini terpaksa korupsi karena tidak mampu membiayai hidup keluarganya dan agar tidak mati kelaparan, mereka terpaksa korupsi. benar2 kisah inspiratif yang membuat saya menitikan air mata dan guling2 menahan tawa. Tentu saja dengan adanya dana ini akan mengurangi angka korupsi ya karena dengan adanya dana ini jadi ga perlu lorupsi. gimana kalo para Begal dikasih motor satu2 biar mereka ga perlu beraksi di jalan merampas motor korban dan para rampok hidupnya didanai negara agar mereka tidak perlu merampok lagi. Benar2 pemikirannyang inovatif, brilian!!!

Ya, demikian perjuangan para wakil rakyat kita, ide2 kreatif mereka untuk memajukan bangsa, topik2 rapat mereka dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, dan semua kebijakan yang mereka perjuangkan atas nama rakyat. Itu semua mereka lakukan atas nama rakyat. Apakah kalian termasuk rakyat yang ga pernah makan enak, bahkan buat makan tiap hari aja susah? DPR mewakili kalian untuk merasakan rasanya hidup enak, Kalian rakyat yang ga pernah ke luar negeri, bahkan buat mudik lebaran aja ga bisa? Santai, ada yang mewakili kalian wisata bersama keluarga ke luar negeri, eh bukan wisata ding, tapi studi banding/kunjungan kerja/training/apalah namanya yang penting buat ngabisin anggaran yang ada. Enak bener deh kalian jadi rakyat, mau ngapa2in udah ada yg mewakili sementara kalian bisanya cuma protes,browsing, dan bikin postingan ga penting. tch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s