If You Can’t Beat Them, Join Them


Yang namanya manusia itu beragam bentuk, karakter, dan kelakuannya. Dan sebagai seorang IT support, mau tidak mau saya harus menghadapi berbagai tipe makhluk ini setiap harinya dimana mereka semua saling berinteraksi dan hasil aksi reaksi dari beraneka karakter ini terkadang membuat hari2 saya menjadi …….

Dan hari ini, tokoh2 yang ikut andil dalam peristiwa hari ini adalah

1. Si Broadcaster

dalam suatu lingkup organisasi, entah itu kantor, kampus, atau RT sekalipun biasanya ada aja tipe orang seperti ini. sang penyebar kabar, menginfokan segala hal yang lagi happening ke semua orang, mulai dari tag random people ke produk baru online shop dia, email semua kontak tentang video kucing imut yang baru dia liat di yutub, apapun pokoknya semua orang harus tau.

Kurang ngerti juga apa emang job desc sekretaris itu melingkupi hal2 seperti ini, policy standarnya kaya gitu, ato orangnya aja yang rada2. Yang pasti hal2 seperti ini kalo keseringan itu nyebelin (nggak sering2 juga tetep nyebelin sih) dan seharusnya difilter dulu recipientnya berdasarkan konten. Nggak semua orang di kantor ini peduli kalo AC di kantor cabang kota X lagi diperbaiki sehingga siang nanti akan terasa panas

2. Si Seleb

yang namanya artis beken harus siap menerima resiko dikuntit wartawan dan kehidupan pribadinya diekspos, mulai dari live show kawinan hingga menu makan siang hari ini. Dan yang namanya big boss, entah emang udah ga ada kerjaan karena sudah ada banyak mini boss yang ngerjadin segalanya atau emang orangnya aja yang kecentilan, ada aja gaweannya mulai dari bikin kebun sayr, ngadain lomba mewarnai, atau2 hal2 gaje lainnya. Walaupun doi bukan seleb dan ga ada wartawan yang nguntut, dengan adanya si Broadcaster, spam folder tidak akan pernah kosong dari “newsletter”

3. Si Whatever

mungkin gara2 kelakuan 2 karakter sebelumnya, kesebalan yang memuncak ini membuat tokoh ketiga ini menjadi tidak mempedulikan semua berita dan menganggap semuanya adalah gosip nggak penting. bahkan ketika ada info penting macam “besok kantor diliburkan karena ada acara pemilihan ketua RT” atau “harap tidak keluar rumah pada tanggal XXX karena ada perburuan babi hutan masal”. Yang pasti karakter ketiga ini nggak sendirian, saya yakin jumlahnya cukup banyak walaupun tidak diketahui jumlahnya

4. Si Ngeyel

Yang satu ini bisa dibilang merupakan kombinasi dari 3 karakter sebelumnya. Sok sibuk dan ingin melakukan banyak hal seperti si seleb, banyak hal yang dia ga aware, tapi merasa dia tau segalanya, semua dalam 1 paket yang merupakan mimpi buruk bagi seorang support. Inilah yang saya hadapi hari ini ketika sedang asik nonton dan tiba deringan neraka itu terdengar

X : halo, ada update sistem ya hari ini?
Me : nggak kok, kenapa?
X : saya mau [insert something here] lambat sekali, ada masalah sepertinya
Me : lagi ada teleconference pak jadi bandwithnya dilimit, kan sudah ada emailnya tadi pagi
X : ah pagi tadi saya coba masih bisa kok, bug ini pasti
Me : pagi tadi masih belum mulai kali, tunggu aja atau coba lagi nanti
X : kemarin juga lancar, coba dicek jangan2 kena virus. ada perubahan ini kayanya
Me : kalo ada gangguan sistem pasti semua kena pak, yang lain ngga ada komplain apa2 kok
X : harus segera dicek ini pak, jangan2 sistem kita dihack, banyak data penting lho
Me : (mulai sebel) bapak create ticket aja kalo gitu (berharap dia menyerah, orang2 biasanya males sama birokrasi dan langsung mundur kalo suruh bikin request2 gitu)

Merasa sudah mendapatkan kedamaian, saya lanjut nonton lagi walaupun masih kesel karena tadi ga sempet pause jadi harus repot geser2 lagi. eh nggak lama kemudian ternyata ada tiket masuk, gigih sekali orang satu ini. Tapi berhubung lagi seru2nya, saya lanjutin nonton 1 chapter, dan berlanjut satu lagi, dan satu lagi hingga tak terasa sudah jam istirahat dan saya keluar makan dan dilanjutkan bobo ciang bentar…….. nggak yakin bentar atau lama karena tiba deringan itu terdengar lagi

X : gimana, sudah dicek?
Me : (masih semi2 ngantuk) nggg, bapak coba lagi deh
X : (teriak ke minionnya dengan bahasa alien)
Me : (kriyep2, ngulet ngumpulin nyawa)
X : nah, udah cepet sekarang. bener kan ada apa2 tadi
Me : (angop) udah fix kan sekarang, ga ada masalah lagi
X : ya gitu dong kalo ada request cepet dikerjain, nggak kaya si XXX itu banyak bener alasannya padahal bla bla bla
Me : (angop lagi, mulai lost pokus dan pergi bikin kopi sambil ninggal gagang telp di meja)

Ketika kembali, ada notifikasi tiket sudah mark resolved dengan feedback positif.
So buat para support, makhluk2 menyebalkan yang kelihatannya susdah dipuaskan itu justru biasanya gampang dipuaskan dan bisa menghasilkan customer satisfaction point yang bagus asal kalian ngerti triknya. Nggak perlu stress menghadapi yang seperti ini, cukup 1 orang saja yang stress, less is more 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s