Hari Guru Nasional


hari guru nasional

Dari google doodle hari ini, saya tahu bahwa hari ini adalah hari guru nasional. lebih tepatnya sih saya baru tahu kalau ada yang namanya hari guru nasional :p.

Di beberapa universitas, mahasiswa punya kebebasan dalam menentukan kelas yang akan diambil dalam suatu semester dan secara tidak langsung bisa memilih guru (dosen) yang akan dihadapi dalam 6 bulan ke depan. Untuk itu, riset mengenai tipe dan karakteristik guru wajib dilakukan demi mendapatkan keseimbangan jadwal kuliah, ketenangan jiwa, dan tercapainya IPK yang diinginkan :p

beberapa tipe guru yang saya temui sejauh ini :

1. Keibuan

Biasanya guru TK atau SD kelas 1-2. orangnya sabar dan kalem. ngajar pelan2 biar muridnya ngerti sambil muter2 keliling kelas ngecekin beneran ngerti apa nggak muridnya. Gara2 sifatnya ini, kadang target kurikulumnya nggak tercapai karena kelamaan di topik2 yang susah, biasanya sih materi2 akhir jadi dicepetin ngajarnya dan ga dimasukin waktu ulangan karena pada ga ngerti. Di akhir tahun biasanya murid2nya naik kelas semua karena ga tegaan :p

2. Dingin

nggak galak2 banget, tapi nggak murah senyum juga. begitu masuk kelas biasanya suasana jadi hening. Ada kemungkinan doi adalah robot dari masa depan šŸ˜

3. CBSA

tiap masuk kelas, papan tulis langsung penuh. menganut sistem CBSA (Catet Banyak Sampe Apal) yang bikin tangan kekar dan bolpen cepet abis. Pemahaman materi nggak penting, pokoknya hafalin aja. Soal ujian essay dari doi biasanya diawali dengan kata “Sebutkan dan Jelaskan…..”

4. Kharismatik

bagaikan punya aura yang meningkatkan INT dan exp gain sehingga waktu doi ngajar, murid2nya pada nyambung dan bergumam “ooo gitu toh ternyata…” dan bertanya2 kok nggak kepikiran ya sebelumnya, ternyata gitu doang toh, gampang. Tapi waktu soal yang sama muncul waktu ulangan jadinya malah “lho kok susah ya, perasaan waktu itu nggak gini deh” atau waktu pede2nya ngerjain dan tersenyum lebar waktu dapet jawaban, begitu ngeliat pilihan jawaban yang tersedia nggak ada yg sama rasanya pengen nelen pensil 2B

5. Bulliable

tipe ini jarang banget sih dan biasanya terjadi pada dosen baru yang masih muda. So far, cuma ketemu 1 yang kaya gini. suaranya pelan, ngajarnya susah dimengerti (pas ngajar matematika pula) dan ketika dikritik malah marah2. karena wibawanya kurang dan ga punya leadership aura, akhirnya terjadi pemberontakan dimana setiap doi masuk kelas, tiba2 kelas tersebut menjadi kosong. Bukan perbuatan yang layak ditiru sih, but well….

6. Humoris

Sepertinya merupakan stand up comedian yang salah profesi. Tiap masuk kelas kerjaannya cuma cerita2 dan bikin kelas jadi ceria. ngajar paling cuma 10 menitan, itu juga nyaris diulang2 setiap pertemuan sehingga di akhir semester jadi bertanya2 sebenarnya mata kuliah ini tentang apa sih. Sisi baiknya adalah guru tipe ini sangat murah nilai dan sepertinya cara doi ngasih nilai adalah dengan lempar dadu yang isinya adalah A, AB, dan B

7. Project Manager

Pinter, menguasai materi, bisa ngajar. sepertinya merupakan sosok guru yang sempurna. Sayangnya karena kesempurnaannya ini, banyak yang membutuhkan jasa doi sehingga doi jarang ngajar. Cuma yang niat cari ilmu aja biasanya yang milih doi jadi gurunya, dan juga yang beruntung (karena kalo yang niat cuma dikit biasanya kelasnya dibatalin hehe)

8. Psycho

Tipe yang paling unpredictable, kalo moodnya lagi bagus sih ngajarnya enak sambil becanda2. tapi moodnya bisa berubah tidak terduga dimana pas lagi ngelucu dan semua ketawa tiba2 doi ngamuk “kenapa kalian ketawa2??!!!”. kenapa masih ada yang mau diajar doi? biasanya sih karena terpaksa aja, atau mungkin dijebak šŸ˜

Ada yang pernah diajar tipe2 kaya gitu, atau mungkin kita dulu pernah sekelas?

Iklan

5 thoughts on “Hari Guru Nasional

  1. Aku (merasa) pernah ketemu semua tipe di atas.

    Tidak, kita tidak mungkin pernah satu kelas, SENIOR.

    Hehehe.

    Eh, yang tipe gaib juga ada sih. Cuma sekedar masuk, ngasih tugas, menghilang.
    Beti beti dengan Project Manager. yang gaib ini ga jelas nilang ke mana. Ada gosip lagi dikejer-kejer bini pertama *malah ngegosip*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s