Bukan April Mop


gayus
Ngisi SPT merupakan rutinitas tahunan di bulan Maret yang bikin males. selama ini semua amplop payslip masih tersegel dengan rapi karena ngeliat nominal potongan pajak itu mengurangi euforia gajian, mendingan nggak usah diliat sekalian :p. Jika tahun2 sebelumnya selalu nitip orang accounting ngirim SPT kolektif, kali ini saya berinisiatif ikutan mbak2 accounting berangkat ke kantor pajak sekalian jalan2 daripada bosen di kantor. Ternyata antrian cukup panjang walaupun ini merupakan hari terakhir lapor SPT, beda sama antri barang promo yang ramainya di hari2 awal peluncuran produk.

Di halaman depan tampak deretan kursi dengan papan tulis besar berisi petunjuk pengisian SPT di depannya, dan ada 2 orang petugas yang stand by macam pengawas ujian. Atau jangan2 itu bukan lagi ngisi SPT tapi memang lagi aptitide test ya, hmmmm…. Eniwei, berhubung saya sudah ngisi SPT dan tinggal submit, saya langsung masuk ke dalam gedung KPP. Ngambil nomor antrian dan langsung dipanggil saat itu juga padahal petugasnya cuma ada 1. So kesimpulannya, buat yang mau lapor SPT mendingan siapin semua dari rumah dan datang di hari2 terakhir biar cepet diproses karena hari2 terakhir sepertinya isinya kumpulan orang yang nggak sadar masalah perpajakan tapi panik takut kena denda dan bingung cara ngisinya, jadi antrian panjang cuma di pengisian aja πŸ˜€

Proses verifikasi berlangsung cepat, cuma dibalik2 sama cek angka saja dan setelah itu tinggal tunggu print bukti lapor. Tak lupa petugasnya promosi tentang E-filling dan menganjurkan registrasi biar tahun depan bisa lapor Online. Berhubung daftarnya gratis dan mbak2 accounting masih ngurusin SPT kolektif, akhirnya iseng bikin lah. Cuma isi form dan menyertakan fotocopy KTP (cuma formalitas aja ternyata, nggak dicek KTPnya hehe) untuk mendapatkan EFIN, dan selanjutnya tinggal registrasi online dengan menggunakan EFIN tersebut.

spt

Sayangnya ketika saya coba melakukan registrasi online, situs djponline agak susah diakses. Dari laporan kawan2 yang submit SPT online juga banyak kendala ternyata, mulai dari timeout sampai muncul error sampai akhirnya muncul pemberitahuan bahwa pengguna SPT online dapat perpanjangan waktu lapor hingga akhir April karena memang sistemnya bermasalah. Jadi bikin males register, ntar malah bikin stress :p

11 thoughts on “Bukan April Mop

  1. aku udah punya efin dari tahun kemarin jd udah lapor spt doong. Kata bosku, kami yg kerja cabang jakarta harusnya dapat penghargaan pegawai teladan (itu krn bosku malah belom lapor sih smntra kacungnya udahan).

  2. Berjubel sampe masuk koran ga antriannya pat? Di sini iya. Ada yang ngeluh udah 2 hari bolak-balik ga selesai ngurus SPT.
    Herannya kenapa pada suka mepet-mepet ya ngurusnya..

    • hmmm…. sudah kuduga. Udah pengalaman sama app pemerintah lain yang promosinya bakal mempermudah, implementasi terpusat, dll dsb. Pas udah register, info loginnya 3 hari baru nyampe (itu setelah komplain berulang kali) dan baru sebulan servernya down πŸ˜„

      • Holoh yo ho oh lah. Sosialisasi app sampe 3 tahun. Tiap tahun ganti app. Admin di dinas kota ditanyain udah approve unit layanan aja berbulan-bulan. Ya males neror sih sebenernya. Lanjut lapor fisik aja. Biarin ngehabisan kertas ga cinta bumi.

        Tapi ya alhamdulillah rejeki mbak princess tahun 2016 ini bisa menggunakan laporan narkotik-psikotropik online.

        Lha curhatnya menyimpang πŸ˜†

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s