Pembulatan


Salah satu kegiatan rutin saya adalah belanja, yang dilakukan setiap 2 minggu sekali. Tidak ada daftar belanjaan kecuali ada sesuatu yang habis dan harus dibeli, jadi biasanya apa yang dibeli benar2 random namun didominasi oleh makanan. Hal yang pertama dicek ketika tiba di tempat belanja adalah katalog promo minggu itu. Pada dasarnya saya suka mencoba produk baru yang lagi diskon, kecuali tidak ada promo yang menarik baru kembali ke brand yang biasa dibeli.

Namun satu hal yang pasti, karena nggak suka ngumpulin recehan atau dapet kembalian berupa permen, total belanjaan saya selalu kelipatan seribu. Jadi jika ada item dengan harga berakhiran 700 misalnya, saya cari item lain dengan akhiran 300 untuk melengkapi (contoh sederhana, jumlah item mggak harus 2). Memang sih di jaman sekarang, ada yang namanya kartu kredit atau debit biar nggak perlu ribet sama yang namanya kembalian, namun saya jadi lebih susah mengontrol pengeluaran bulanan.

Pada suatu hari, saya berbelanja seperti biasa. Dan ketika bayar, kasirnya ngasih saya kembalian 700 rupiah!!! merasa ada yang salah, saya langsung cek struk belanjaan dan ternyata ada item yang nggak dapet diskon.

Me : mbak, yang ini bukannya ada promo ya harusnya? *nunjukin struk*
Kasir : oh nggak, yang promo cuma yang itu *nunjukin item yang udah diapply diskon*
Me : masa sih, kayanya tulisannya all varian deh
Kasir : coba saya panggilkan SPGnya dulu ya

Biar nggak salah, sambil nunggu SPGnya datang, saya masuk lagi untuk memastikan. dan benar saja, tulisannya “all varian”. Saya foto juga sebagai barang bukti. Untungnya ketika kembali ke area kasir, SPGnya mengakui memang harusnya promonya berlaku ke semua varian jadi ga perlu repot2 nunjukin hasil foto

SPG : iya harusnya dapat diskon juga, kesalahan sistem ini
Kasir : iya, maaf ya
SPG : *berjalan pergi*
Kasir : *lanjut kerja*
Me : lha, terus gimana ini jadinya?
Kasir : *tampak bingung trus teriak manggil SPGnya lagi* mbak, diapain ini? sudah terlanjur diproses tadi
SPG : *balik lagi* ya balikin sisa kembaliannya
Kasir : *ngeliatin struk, masih keliatan bingung* berapa mbak?
SPG : 2500 *dengan pedenya, tanpa liat struk*
kasir : *ngasih 2500* ini pak, maaf ya

Karena masih belum cantik, sudah pasti masih ngaco ini itung2annya jadi saya hitung manual dan menjelaskan detil perhitungan yang menunjukkan masih kurang 3800 lagi !! dari tampangnya sih, si mbak2 kasir masih keliatan bingung jadi SPGnya ikut bergabung di kelas berhitung kilat. Pada akhirnya saya mendapatkan kembalian yang seharusnya (walaupun sayangnya masih mengandung recehan karena proses pengembalian yang terdiri dari beberapa tahap ini). Sebelum pergi, saya sempat melirik tulisan “Jika pembayaran anda tidak sesuai, maka belanjaan anda GRATIS” yang tergantung di atas kasir…. tapi sudahlah, pengen buru2 pulang sebelum ketinggalan transport.

6 komentar di “Pembulatan

    • ya harus selalu update karena customer pedomannya kan harga yang tertempel di rak, bisa dianggap penipuan ntar lho :p

      misal nggak ada manpower buat update harga, setidaknya ditulis periode harga di tempelannya (mis : Rp 1500 periode 1-15 Jan 2018) jadi misal sudah lewat periodenya dan blm update harga nanti customernya bisa nanya ke petugasnya harganya jadi berapa sekarang

      atau sediakan barcode scanner (beberapa tempat ada yang seperti ini) jadi pembeli bisa scan harga sendiri sebelum ke kasir jika harganya tidak jelas

      Suka

  1. Aku juga (mantan) SPG, tapi kalo belanja di supermarket wes males nanyain promo yang ga ke detail sama kasir. Udah lama hidup di area seperti itu jadi kayaknya udah biasa, malah mungkin hampir setiap belanja bulanan selalu ada kejadian kayak gini. Kalo sistem dept store kan bisa langsung ketahuan karena item belanjanya sedikit, tapi kalo item dari market udah pegel mau ngitungnya juga. Tapi yabg gigih begini ada juga ya πŸ˜†

    Suka

    • soalnya tiap belanja saya selalu ngitung di kalkulator hape sebelum ke kasir biar total pembayarannya cantik (pembulatan ribuan) jadi kalo ujung2nya nggak sesuai rencana itu rasanya gimanaaaa gitu :p

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s